cara promosi di instagaram

Sudah bukan rahasia lagi, melakukan cara promosi instagaram produk melalui media sosial terbukti efektif untuk meningkatkan penjualan.

Salah satu media sosial yang banyak dimanfaatkan di zaman sekarang adalah Instagram. Cara promosi Instagram yang mudah dan interaktif membuat media sosial ini sangat digandrungi.

Untuk Anda yang masih awam dalam memanfaatkan Instagram sebagai sarana cara promosi instagram, Anda tidak perlu khawatir. Artikel ini akan memberikan Anda pencerahan bagaimana cara agar produk Anda banyak dilirik konsumen dengan menggunakan Instagram.

Cara Promosi Instagram for Business

Sejak Mei 2016 yang lalu Instagram telah meluncurkan fitur andalannya, yaitu Instagram for Business. Seperti namanya, fitur ini memberikan Anda sebuah kemudahan dalam membuat profil bisnis secara gratis.

Cara promosi Instagram Business juga relatif mudah, bahkan untuk pemula sekalipun. Dengan memiliki profil bisnis, Anda bisa memilih bagaimana calon konsumen bisa menghubungi Anda. Banyak pilihan yang bisa Anda tawarkan, bisa dengan telepon, SMS, Whatsapp, email, atau akses lainnya.

Lebih lengkapnya, berikut keunggulan dari cara promosi instagram Bisnis:

  • Insights

Fasilitas yang ada di Instagram for Business ini memberikan Anda data penting terkait followers dan postingan.

Dari sini Anda bisa melihat postingan seperti apa yang memiliki jangkauan calon konsumen paling tinggi. Dengan ini, Anda bisa membaca perilaku dan demografis untuk menyesuaikan konten yang digemari dan relevan.

  • Promote

Fasilitas yang ada di Instagram for Business ini memungkinkan Anda membuat iklan dari postingan Anda. Adanya iklan tentu akan memperluas jangkauan pasar dari calon konsumen Anda. Di fasilitas ini Anda bisa memilih target audience yang sesuai dengan jenis produk atau layanan bisnis Anda.

Jika Anda tertarik menggunakannya sebagai sarana cara promosi instagram, berikut cara mengaktifkan Instagram for Business:

  • Download aplikasi di Instagram dan install di perangkat smartphone Anda
  • Pilih ‘Sign Up’ dan isi semua data yang dibutuhkan, seperti email atau login melalui Facebook jika Anda telah memilikinya
  • Pilih ‘Settings’ lalu scroll ke bawah sampai menemukan pilihan ‘Switch to Business Account’
  • Selanjutnya, Anda bisa mengisi data dari profil bisnis Anda, seperti alamat, jam operasional, dan nomor telepon yang aktif.

Tips Memanfaatkan Fitur Instagram for Business

Setelah memiliki akun yang aktif, selanjutnya Anda bisa menerapkan cara promosi Instagram yang menarik seperti di bawah ini:

  • Manfaatkan username dan bio

Gunakan username Instagram sesuai nama brand Anda, sebaiknya samakan dengan username di akun media sosial Anda lainnya.

Kemudian, isi bio dengan informasi penting terkait bisnis Anda, termasuk memanfaatkan brand hashtags yang mudah dikenali. Anda bisa menambahkan URL website untuk menautkan dengan website bisnis Anda.

  • Profile photo Instagram yang mudah diingat

Sama seperti username, Anda harus memasang profile photo yang sesuai dengan brand Anda. Anda bisa mendesain logo yang mudah diingat dan digunakan di semua akun media sosial Anda. Gunakan format lingkaran dengan format diameter 110 pixel atau lebih supaya gambar yang dihasilkan tidak blur.

  • Aktif mencari follower

Untuk mendapatkan follower yang aktif, terlebih dahulu Anda bisa memulai untuk mem-follow akun lainnya. Anda bisa mem-follow rekan, kerabat, akun bisnis serupa, atau akun-akun influencer yang relevan.

Anda juga bisa meninggalkan like dan komentar di akun tersebut agar akun Anda lebih terasa kehadirannya.

Strategi Konten Instagram yang Memikat Target

Setelah Anda paham bagaimana cara memanfaatkan fitur yang ada di Instagram, Anda juga harus tahu cara promosi Instagram yang efektif.

Berikut strategi pengelolaan konten instagram yang bisa memikat target dari pasar Anda:

  • Update konten secara rutin dan berkala

Posting konten secara rutin dan berkala bukan berarti Anda mengupload gambar setiap saat. Cara paling efektif adalah dengan Anda melakukan test waktu posting dan teliti insight-nya. Setelah Anda menemukan waktu yang paling tepat, buatlah jadwal upload konten dan patuhi jadwal tersebut.

  • Gunakan visual yang bertema

Siapkan beberapa tema berbeda yang masih berkaitan dengan brand bisnis Anda agar calon konsumen tidak bosan. Gunakan juga visual yang relevan dengan kualitas tinggi dan warna yang senada, bila perlu gunakan filter yang sama agar mudah dikenali.

  • Patenkan gaya caption

Mematenkan gaya caption juga menjadi salah satu branding yang wajib Anda lakukan. Perhatikan penggunaan tata bahasa dan sesuaikan dengan target pasar, apakah itu orang tua, remaja, anak-anak, atau golongan lainnya.

Selain membuatnya lebih dekat dengan pembaca, strategi ini juga bisa membuat postingan Anda mudah diingat.

  • Manfaatkan branded hashtags

Selain visual yang menarik, memanfaatkan branded hashtags juga terbukti efektif untuk memperkenalkan produk. Hashtag yang Anda buat tidak harus berupa nama brand, bisa jadi sesuatu yang representatif seperti slogan yang mudah hafalkan.

Strategi Meningkatkan Interaksi pada Calon Konsumen

Setelah Anda menyiapkan konten yang rapi, bagus, dan menarik, langkah selanjutnya adalah menentukan strategi untuk menaikkan interaksi. Berikut beberapa cara yang bisa Anda tempuh untuk meningkatkan interaksi kepada calon konsumen:

  • Memanfaatkan fitur Instagram Story

Cara promosi Instagram story dipercaya efektif karena banyak orang yang mengakses fitur ini setiap harinya. Fitur ini bisa menjadi peluang Anda menjadi lebih kreatif untuk menciptakan foto dan video yang diminati oleh calon konsumen.

  • Melakukan kerja sama dengan influencer

Seorang influencer pastinya memiliki banyak pengikut di akun media sosialnya. Dengan ini Anda bisa memperkenalkan bisnis Anda secara luas. Pilih influencer yang relevan dengan bisnis Anda dan pastikan sesuai dengan anggaran dana yang telah Anda siapkan.

  • Berikan promosi khusus yang menarik

Diskon dan promo adalah dua kata yang paling diminati oleh calon konsumen. Tidak ada salahnya Anda menggaet calon konsumen dengan penawaran yang menarik.

Jangan lupa untuk meminta konsumen tersebut membagikan foto produk Anda, mem-follow akun, dan menggunakan branded hashtags Anda.

  • Aktif berinteraksi dengan calon konsumen

Keramahan Anda dalam menjawab komentar dan DM dari calon konsumen menjadi nilai lebih. Berikan jawaban yang jelas, tutur bahasa yang sopan, dan juga gaya persuasif yang menarik agar calon konsumen tidak kabur.

Langkah-langkah Membuat Iklan di Instagram sebagai Sarana Promosi

Setelah semuanya dipersiapkan, langkah lainnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat iklan dari postingan Anda. Berikut langkah-langkah membuat iklan di instagram yang bisa Anda ikuti:

  • Memilih editor dan membuat kampanye yang sesuai kebutuhan
  • Pilih tujuan dari pembuatan iklan tersebut
  • Pilih target audiens sesuai dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan
  • Atur penempatan dari postingan iklan, yaitu Instagram
  • Tetapkan anggaran dana dan jadwal tayang iklan sesuai kebutuhan Anda
  • Mengatur materi iklan yang sesuai
  • Mengatur halaman dan juga link
  • Lakukan pemesanan
  • Laporkan pada kinerja

Mulai sekarang, Anda bisa mulai belajar dengan mengikuti cara promosi Instagram seperti yang ada di atas. Kemudahan dari Instagram akan memberikan Anda banyak keuntungan dan meningkatkan target penjualan.

Baca Juga: Saleshub